Perbandingan Google Drive Cloud Storage VS One Drive, Mana Lebih Baik?

Google Drive Cloud Storage merupakan salah satu penyimpanan online yang sangat terkenal dan banyaksekali digunakan oleh awam maupun professional. Google drive merupakan produk Google, yang juga memiliki berbagai platform lainnya mulai pemutar video, musik, hingga pesan elektronik. Sehingga, jika kamu sudah memiliki akun Google, secara otomatis kamu juga sudah tak perlu lagi mendaftar tool milik Google lainnya, termasuk Google Drive.

Selain Google Drive cloud storage, ada juga penyimpanan online bernama One Drive. One Drive merupakan produk perusahaan raksasa Microsoft. One Drive juga sangat terkenal di kalangan professional, terlebih bagi mereka yang setia dengan berbagai produk Microsoft.

Nah di artikel kali ini, kita akan menggali lebih dalam tentang Google Drive cloud storage dan One Drive cloud storage, kira-kira mana yang lebih baik dari segi harga maupun spesifikasi.

  1. Keduanya Menawarkan Penyimpanan Cloud Gratis

Baik Google Drive maupun One Drive sama-sama menawarkan penyimpanan gratis. Selain dua cloud storage tersebut, cloud storage lainnya pun biasanya menawarkan paket gratis, dengan limit berbeda-beda.

Untuk Google Drive, penyimpanan gratis yang bisa kamu peroleh adalah hingga 15 GB, cukup besar kan? Kamu bisa menggunakannya untuk keperluan pekerjaan maupun keperluan pribadi. Sedangkan One Drive milik Microsoft memberikan kapasitas gratis sebesar 5GB.

  1. Kapasitas Berbayar

Jika kamu merasa bahwa kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan Google Drive maupun One Drive dirasa masih kurang, kamu bisa upgrade ke versi berbayar dan mendapatkan kapasitas yang lebih besar. Untuk beberapa orang, seperti orang-orang yang bergelut di bidang desain dan multimedia, kapasitas penyimpanan yang besar adalah sebuah kebutuhan mutlak.

Google Drive menawarkan harga mulai Rp 26.900/bulan dengan kapasitas 100 GB. Sedangkan harga yang dibanderol One Drive adalah mulai dari Rp. 28.999/bulan dengan kapasitas penyimpanan yang bisa kamu peroleh 100 GB.

  1. Platform yang Bisa Digunakan

Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan saat kamu memutuskan untuk berlangganan cloud storage berbayar adalah kompatibilitasnya dengan perangkat milikmu. Berita baiknya, baik Google Drive maupun Microsoft One Drive sudah mendukung berbagai sistem operasi termasuk Windows, MacOs, Android maupun iOS.

Maka dari itu, kamu juga bisa mengaksesnya di berbagai perangkat mulai laptop, tablet, personal computer (PC) maupun di ponsel milikmu baik itu android ataupun ponsel besutan iPhone. Data pun akan terhubung secara otomatis selama kamu login menggunakan email yang sama di berbagai perangkat tersebut.

Setelah membaca penjelasan di atas, kira-kira menurutmu mana yang lebih baik antara Google Drive cloud storage atau One Drive cloud storage? Ini kembali lagi kepada kebutuhan dan selera masing-masing ya. Bagi penggemar Microsoft, One Drive mungkin dirasa lebih baik. Sebaliknya, bagi pecinta produk Google, Googe Drive pastinya dirasa lebih unggul. Namun dari perbandingan di atas, jika kamu ingin versi gratisan, Google Drive bisa jadi pilihan tepat karena menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.