Cara Screen Share Zoom Saat Harus Presentasi

Apakah kamu saat ini pengguna setia zoom? Atau baru kali ini mencoba zoom untuk sebuah keperluan? Jika ini adalah kali pertamamu menggunakan aplikasi meeting zoom, tentunya kamu agak kebingungan bagaimana cara screen share zoom.

Zoom merupakan aplikasi meeting yang akhir-akhir ini banyak digunakan pebisnis maupun orang-orang di dunia pendidikan untuk menyelenggarakan rapat secara online. Sehingga para peserta rapat bisa bergabung dalam rapat dimanapun mereka berada. Jika saat ini kamu kebagian menjadi narasumber, atau dijadwalkan untuk mempresentasikan pekerjaanmu, kamu tentunya harus melakukan screen share zoom.

Screen share zoom atau membagikan layar zoom merupakan suatu kegiatan dimana kamu membagikan kegiatan yang dilakukan di layar perangkatmu, baik itu laptop, komputer maupun ponsel, sehingga pengguna lainnya bisa melihat kegiatanmu. Hal ini biasanya dilakukan jika kamu menjadi pembicara atau narasumber pada sebuah rapat atau presentasi.

Fitur screen share zoom ini sangat bermanfaat bagi para pengguna zoom. Nah, jika saat ini kamu belum tahu bagaimana caranya membagikan layar ke peserta rapat yang lain, di artikel ini akan kami jelaskan langkah-langkahnya. Simak sampai akhir ya!

  1. Terlebih dahulu pastikan kamu telah mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan melalui Zoom. Sebelum mulai rapat, pastikan semua materi telah disusun rapi.
  2. Berikutnya, silakan buka aplikasi Zoom, lalu masukkan kode meeting dan kata sandinya (jika ada) yang telah dibuat pengundang rapat.
  3. Jika sudah, selanjutnya kamu akan masuk ke dalam layar tampilan utama di Zoom.
  4. Di layar akan muncul beberapa pilihan dan menu. Untuk membagikan layar, silakan klik menu ‘Share Screen’. Menu ini terletak di bagian bawah aplikasi Zoom.
  5. Berikutnya, akan muncul tampilan opsi layar yang akan dibagikan. Kamu pun bisa memilih antara membagi semua tampilan desktopmu sehingga audiens bisa melihat seluruh kegiatanmu di perangkat, atau aplikasi yang terbuka saja, juga terdapat opsi papan tulis virtual (whiteboard).
  6. Jangan lupa juga klik menu “Share Audio” jika kamu perlu membagikan video atau berkas dengan suara. Tanpa klik menu ini, audiens tidak akan bisa mendengar suaramu.
  7. Langkah selanjutnya jika sudah, klik ‘Share’ yang berada di bagian kanan bawah menu.
  8. Silakan tunggu sampai ada notifikasi ‘you are sharing your screen’. Nantinya layar yang dibagikan kepada peserta rapat yang lain akan memiliki pembatas hijau di sekelilingnya.
  9. Jika presentasimu sudah selesai, silakan klik ‘Pause share’ atau ‘Stop share’ untuk menghentikan membagi layar.

Selesai, itulah cara-cara membagikan layar di aplikasi zoom. Kamu telah berhasil presentasi dan membagikan layar. Bagaimana, mudah kan?