Cara Membuat Banner Menggunakan Canva, Mudah dan Cepat

Aqiqah merupakan suatu momen untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta yang telah dinanti-nanti. Banner aqiqah biasanya dipasang ketika proses penyembelihan hewan aqiqah, juga di acara pengajian atau syukuran. Banner terdiri dari nama anak, foto beserta tema acara tersebut.

Membuat banner aqiqah ternyata tak terlalu sulit lho, kamu bisa melakukannya sendiri dan tak perlu membayar jasa desainer. Kini sudah ada banyak aplikasi desain yang menyediakan template banner dengan desain yang menarik, juga bisa digunakan secara gratis alias tak dipungut biaya sepeserpun.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunduh file banner aqiqah tanpa watermark dan dengan resolusi yang baik. Sehingga saat banner aqiqah dicetak, kualitasnya akan tetap baik dan tidak pecah.

Di artikel ini akan dibahas cara membuat banner aqiqah menggunakan canva, mudah dan cepat. Baca artikel ini sampai tuntas ya!

Cara Membuat Banner Aqiqah di Canva

Bagaimana cara membuat banner aqiqah? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi canva. Canva merupakan aplikasi desain grafis gratis yang bisa digunakan pemula maupun semi professional. Terdapat banyak pilihan template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mulai membuat banner aqiqah dan bermacam banner serta undangan di Canva, silakan download canva terlebih dahulu. Canva sudah tersedia di Google Playstore dan bisa diunduh di ponsel android maupun IOS. Jika kamu lebih nyaman menggunakan canva di desktop, silakan kunjungi canva.com atau download software canva.

  1. Daftar Aplikasi Canva

Jika kamu sudah punya aplikasi Canva di perangkatmu, atau sudah masuk ke halaman Canva di Canva.com, silakan daftar canva menggunakan akun Google atau akun Facebook. Kamu juga bisa membuat akun canva baru tanpa menggunakan kedua akun tersebut. Setelah masuk ke aplikasi/situs, kamu bisa mulai menggunakan Canva.

  1. Memilih Template

Setelah berhasil masuk ke Canva, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih template. Pertama-tama, ketik di kolom pencarian “banner aqiqah”. Nantinya akan muncul sejumlah rekomendasi template yang bisa kamu gunakan. Pilih template gratis yang tak memiliki tanda mahkota di atasnya.

Ada banyak tema template yang bisa kamu pilih, mulai tema bunga, tema islami, tema minimalis, tema laki-laki maupun perempuan, dan masih banyak lagi. Jika template favorit kamu ternyata disediakan untuk pelanggan berbayar, kamu bisa terlebih dahulu berlangganan Canva. Kamu tetap bisa menggunakannya meski tak berlangganan, tapi nantinya akan ada watermark canva.

  1. Telusuri Fitur

Kini kamu sudah punya template yang akan diedit. Silakan eksplor berbagai elemen yang ingin kamu gunakan. Kolom elemen ada di sebelah kiri. Untuk mencari elemen yang sesuai dengan tema acara, kamu tinggal ketikkan saja di kolom pencarian elemen. Misalnya kamu ingin memasukkan gambar kambing, ketikkan kata “kambing” di kolom pencarian pada bagian elemen.

  1. Beri Sentuhan Personal

Percantik banner aqiqah milikmu dan beri sentuhan pribadi. Kamu juga bisa mengedit tulisan dengan tulisan yang sesuai dengan acaramu. Misalnya nama anak, hari lahir, nama kedua orang tua, kamu bisa dengan mudah menambahkannya di banner. Kamu juga bisa mengatur warna background dan tulisan sesuai seleramu.

  1. Download dan Cetak

Setelah desain dirasa cukup, kini saatnya kamu mengunduh desain hasil karyamu. Terdapat sejumlah pilihan, yaitu PDF atau PNG. Silakan pilih sesuai kebutuhan kamu. Banner aqiqah yang sudah disimpan bisa kamu cetak maupun kamu bagikan di media sosial.