8 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Agar Ngebut Lagi

Jangan dulu jual HP android yang lemot, karena ternyata ada cara untuk mengatasinya. Ponsel android yang sudah agak jadul kadangkala mengalami beberapa masalah terutama masalah kecepatan. Performanya menurun drastic dibanding saat awal-awal dibeli. Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan, bukan?

Untuk mengatasi HP android yang lemot agar ngebut lagi, ada sejumlah hal penting yang wajib kamu perhatikan. Mungkin masalah timbul bukan karena hardware yang sudah melemah, ada kalanya dikarenakan hal-hal lain yang mengganggu kinerja ponsel. Maka dari itu, yuk simak 8 cara mengatasi HP android yang lemot agar ngebut lagi di artikel di bawah ini:

  1. Perhatikan Jumlah Memori

Memori ponsel yang penuh bisa menjadi penyebab ponsel android lelet. Jika memori internal ponsel hanya tersisa sedikit, performa ponsel akan menurun dan menjadi lemot. Maka dari itu, hapus beberapa data dan aplikasi yang sudah tak dibutuhkan di ponsel. Aplikasi yang tidak kamu akses lebih dari 1 bulan berarti sudah tak terlalu diperlukan. Segera bersihkan memori dan hapus hal-hal yang tak penting.

  1. Gunakan Aplikasi Serbaguna

Aplikasi beserta data dan cache nya seringkali menghabiskan memori internal ponsel. Untuk itulah, sebaiknya gunakan aplikasi serbaguna yang memiliki banyak fungsi. Jika ponsel android kamu sudah root, kamu bisa menggunakan aplikasi apps2SD yang memiliki banyak fungsi mulai partisi SD card, backup aplikasi, hingga link aplikasi ke memory card.

  1. Auto Kill

Berikutnya kamu juga harus auto kill aplikasi yang kamu buka. Biasanya, aplikasi yang baru-baru ini dibuka akan muncul di recent apps. Jika terlalu banyak aplikasi yang terbuka di recent apps, kinerja RAM akan melemah. Sebaiknya gunakan fitur auto kill sehingga aplikasi tidak akan berjalan di background.

  1. Gunakan Aplikasi Berbayar

Aplikasi gratisan menjadi favorit banyakorang. Namun tahukah kamu bahwa aplikasi gratisan kadang kita jadi percobaan dan memiliki banyak bug. Juga biasanya muncul banyak iklan yang mengganggu kinerja ponsel. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih aplikasi berbayar ya!

  1. Selalu Update Software

Update software secara berkala. Hal ini penting dilakukan agar masalah-masalah yang ada di versi sebelumnya bisa teratasi. Pengembang selalu memberikan perbaikan di software versi terbaru untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya.

  1. Kurangi Penggunaan Widget

Penggunaan widget berlebih juga akan memberatkan kinerja ponsel. Maka dari itu, sebaiknya kurangi penggunaan widget agar meringankan kinerja RAM. Selain itu, hal ini juga akan memperindah tampilan ponsel kamu.

  1. Bersihkan Cache Data

Cache data juga menjadi salah satu penyebab memori internal penuh dan kinerja ponsel jadi berat. Kamu harus sering-sering membersihkan cache data. Setiap ponsel biasanya sudah menyediakan aplikasi bawaan clear cache. Sebaiknya lakukan clear cache secara rutin yaitu satu kali sehari.

  1. Gunakan Launcher Lain

Jika berbagai cara sudah kamu lakukan tapi ponsel android kamu masih lemot, kemungkinan besar penyebabnya terletak pada launcher yang kamu gunakan. Pilihlah launcher lain yang lebih ringan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi launcher yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Playstore. Tapi jika setelah menempuh cara ini ponsel android masih juga terasa lemot, silakan lakukan factory reset. Pastikan terlebih dahulu untuk backup data dan aplikasi penting.