6 Spesifikasi PC Desain Grafis Agar Editing Lancar

Desain grafis merupakan sebuah aktivitas desain yang menggunakan berbagai aplikasi desain seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop. Kedua aplikasi tersebut memiliki kinerja yang cukup berat apalagi jika digunakan dan dibuka secara bersamaan. Untuk itulah, kita harus memilih spesifikasi komputer server untuk desain grafis yang sesuai dan bisa menunjang kinerja.

Di pasaran memang ada banyak sekali pilihan komputer, namun tak semuanya cocok digunakan sebagai komputer multimedia. Pastikan kamu memilih spesifikasi PC desain grafis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

  1. Kapasitas RAM

Saat memilih komputer untuk desain grafis, kapasitas server menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena komputer server membutuhkan kinerja yang andal, RAM pun harus memiliki kapasitas besar agar bisa menghasilkan desain grafis yang keren dengan bantuan berbagai software desain.

Untuk komputer desain grafis, setidaknya harus memiliki RAM 16 GB. Sehingga, komputer tidak akan mengalami eror saat digunakan.

  1. Mempunyai CPU 4 Core Atau Lebih

CPU merupakan otak komputer yang menjadi pusat dari mesin komputer. Saat memilih komputer desain grafis, pastikan CPU nya memiliki 4 core atau lebih. Hal ini penting dipertimbangkan agar komputer berjalan lancar tanpa eror saat sedang melakukan editing. Semakin canggih CPU nya, maka semakin baik pula performa sebuah komputer.

  1. Sistem Operasi 64 Bit

Sistem operasi untuk sebuah komputer desain grafis juga setidaknya harus 64 bit. PC juga harus didukung oleh setidaknya dua sistem operasi, yaitu Windows dan Linux. Sistem ini akan nyaman digunakan untuk pekerjaan editing. Namun, semakin besar sistem operasinya, akan semakin tinggi juga harga yang dibanderol.

  1. Menggunakan IGP Atau GPU Kelas Low Atau Mid-end

Pastikan komputer desain grafis yang hendak kamu beli juga dilengkapi dengan fitur akselerasi khusus yang akan membantu video encoder, transcoder, image processor, dan kebutuhan multimedia lainnya. Maka dari itu, pastikan komputer memiliki IGP atau GPU kelas low atau mid end agar mendukung semua proses tersebut tanpa hambatan berarti.

  1. Memiliki Penyimpanan 1 TB

Kegiatan desain grafis membutuhkan komputer dengan storage yang besar, karena file desain biasanya berukuran besar. Oleh karena itu, pastikan juga komputer desain grafis yang akan kamu beli memiliki kapasitas penyimpanan setidaknya 1 TB. Ruang penyimpanan yang sempit akan mengganggu berbagai kegiatan multimedia dan bisa menjadi penyebab komputer menjadi lemot.

  1. Perangkat Pendukung yang Lengkap

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah tersedianya perangkat pendukung yang lengkap. Komputer desain grafis membutuhkan sejumlah perangkat pendukung seperti komponen motherboard, CASE, PSU, keyboard, mouse, dan monitor dengan resolusi FHD/4k, editing Scanner, drawing pad, kamera yang mumpuni.