10 Cara Mengatasi Wifi Lemot Paling Ampuh

Apakah ada cara mengatasi Wifi lemot? Siapa sih yang tak kesal jika wifi yang sedang kita gunakan tiba-tiba lemot. Hal ini tentu sangat mengganggu kita dalam beraktivitas menggunakan internet. Proses download dan upload jadi terganggu dan tak jarang mengalami kegagalan.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi wifi yang lemot. Di bawah ini beberapa caranya. Simak sampai akhir ya!

  1. Mengubah Pengaturan Bandwidth

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah pengaturan bandwidth. Pastikan modem sudah menyala lalu tunggi dalam 20 hingga 30 menit. Jika terasa masih lelet, lakukan pengaturan bandwidth ke frekuensi lebih besar. Kamu juga bisa melakukan manajemen bandwidth dengan menambahkan perangkat mikrotik router.

  1. Gunakan Wifi Switcher

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Wifi Switcher yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Playstore. Setelah aplikasi dipasang, klik izinkan aplikasi berfungsi. Buka aplikasi dan pilih menu untuk membuat wifi lebih cepat dan stabil.

  1. Mengubah Pengaturan DNS

DNS merupakan [encarian nama pada komputer menggunakan IP atau TCP. Dengan mengubah DNS, kamu bisa mempercepat wifi, juga agar wifi lebih stabil. Bagaimana caranya? Ubahlah DNS komputer melalui DNS Google.

  1. Pilih Provider Internet dengan Koneksi Terbaik

Tidak bisa dipungkiri bahwa cepat atau lambatnya suatu jaringan wifi juga bergantung pada provider internet yang kamu gunakan. Sehingga, pastikan sedari awal kamu memilih provider internet dengan koneksi terbaik yang cepat dan stabil.

  1. Periksa Posisi Antena Router

Jika berbagai upaya telah kamu lakukan namun wifi masih terasa lelet, silakan periksa posisi antena router. Posisi antena router yang paling baik adalah tegak lurus. Jika ada dua antena, silakan atur salah satunya tegak lurus dan satunya posisi menyamping. Pastikan keduanya tidak dalam posisi yang sama.

  1. Restart Router

Melakukan restart router juga bisa menjadi upaya efektif untuk mengatasi wifi yang lelet. Caranya adalah dengan mematikan tombol power yang ada di adaptornya. Tunggu sekitar 1 hingga dua menit sebelum adaptor/modem dinyalakan kembali.

  1. Upgrade Paket Wifi

Apabila sudah dilakukan berbagai cara namun koneksi wifi masih juga terasa lelet, artinya kini sudah saatnya kamu upgrade paket wifi milikmu ke paket yang lebih besar. Paket sebelumnya mungkin sudah tak sesuai kebutuhan.

  1. Batasi Jumlah Pengguna

Semakin banyak jumlah pengguna wifi, biasanya wifi akan semakin lemot. Sebaiknya batasi jumlah pengguna agar kinerja router tak terbebani. Kurangi jumlah pengguna yang mengakses internet bersamaan agar internet tetap stabil.

  1. Periksa Sistem Perangkat Anda

Langkah berikutnya yang bisa kamu upayakan agar wifi lebih cepat dan stabil adalah dengan memeriksa perangkat milikmu. Tak jarang, wifi menjadi lemot karena faktor perangkat yang digunakan kurang bekerja dengan maksimal. Misalnya, terlalu banyak tab dibuka atau perangkat terserang virus.

  1. Atur Frekuensi Chanel Router

Cara terakhir yang juga ampuh mengatasi koneksi wifi yang lemot adalah dengan mengatur frekuensi chanel router. Caranya dengan masuk ke pengaturan chanel router, pengaturan ini berbeda-beda setiap provider. Silakan baca di buku panduan yang diberikan. Silakan ubah frekuensi channel sesuai keterangan di buku panduan.